Saturday 14 June 2008

Tan Malaka: Makassar Sulit Raih Adipura

Benar-benar terbukti Makassar tidak meraih Adipura. Kota terbesar di Indonesia timur ini kotor. Sampah berserakan di mana-mana. Got-got tidak terawat. Tumpukan sampah sering terlihat berhari-hari tanpa ada yang urus. Kota ini seperti kota tanpa pemerintah. Taman-taman kota tumbuh liar. Tidak ada yang merawatnya.
Got? Bersih kalau ada liputan koran. Setelah itu kotor lagi.
Tanpa tindakan serius dan sungguh-sungguh dari pemerintah kota, Makassar akan tumbuh menjadi kota yang jorok, semrawut, dan sudah pasti tidak nyaman.

sumber: http://www.tribun-timur.com/viewrss.php?id=75989
Senin, 05-05-2008 | 14:37:41 
Tan Malaka: Makassar Sulit Raih Adipura
Laporan: Jumadi Mappanganro. jum_tribun@yahoo.com
 
Makassar, Tribun - Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bappedalda) Provinsi Sulawesi Selatan Tan Malaka Guntur menilai Kota Makassar bakal sulit meraih piala Adipura, penghargaan bidang lingkungan.
 
Hal itu menyusul, saat ini Kota Makassar masih sangat kurang ruang terbuka hijaunya (RTH). Syarat minimal sebuah kota dikategorikan kota sehat adalah memiliki RTH 30 persen dari total wilayahnya.

"Sedangkan Kota Makassar baru memiliki RTH sekitar 16 persen. Masih kurang 14 persen lagi," ujar Tan Malaka Guntur dalam pemaparannya di depan para wartawan di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Senin (5/5) siang.

Padahal, tegas Tan Malaka,syarat utama meraih adipura, adalah minimal kota yang dinilai memiliki minimal 30 persen RTH.

Tan Malaka mengaku sudah menghimbau Pemerintah Kota Makassar terkait kekurangan RTH yang dimiliki Makassar. Ia juga sudah menyarankan agar setiap ruko di kota dapat menanam pohon minimal satu ruko satu pohon.

"Itu kalau usul itu dilakukan, baru menambah sekitar 5 persen RTH di Kota Makassar. Tapi sampai sekarang, saya lihat itu belum maksimal dilakukan," ujar Tan Malaka. (*)

--
Tribun Timur,
Surat Kabar Terbesar di Makassar
http://www.tribun-timur.com

FORUM DISKUSI PEMBACA TRIBUN TIMUR
tribun.freeforums.org

Usefull Links:

http://jurnalisme-makassar.blogspot.com
http://jurnalisme-tv.blogspot.com
http://jurnalisme-radio.blogspot.com
http://jurnalisme-blog.blogspot.com
http://makassar-updating.blogspot.com
http://makassar-bugis.blogspot.com

No comments: