Wednesday 23 January 2008

Musik Country » Sunaryo Hadi

Musik Country » Sunaryo Hadi: "Musik country di Indonesia sangat lekat dengan Tantowi Yahya, host acara “Goin Country”. Musik ini sangat populer di negeri asalnya — Paman Sam — sepopuler musik Dangdut di Indonesia. Banyak yang tidak sadar, corak musik Country sangat mempengaruhi musik Pop di Indonesia di awal kebangkitannya. Selain identik dengan fiddle dan banjo, ada juga satu hal yang khas yaitu penyanyi country harus mempunyai suara lurus. Maksudnya, suara yang menggunakan ‘vibra’ tenggorakan tidak laku digunakan di jenis musik ini.

Musik country berakar dari lagu rakyat kepulauan Inggris (ada juga yang bilang lebih ke arah lagu rakyat Irlandia). ALat musik utama di awal kemunculannya adalah fiddle (biola atau violin. Biasanya untuk musik country, ada senar ganda di senar ke empat) dan banjo, alat musik khas yang identik dengan country. Banjo kalau ditilik dari asalnya justru alat dari benua afrika.

Diawal kebangkitan musik country jenis musik country ‘hillbilly’ yang populer. Nama hillbilly sendiri kurang disukai saat itu karena berkesan negatif, para pemusik country lebih suka menyebutnya sebagai ‘musik cowboy’, yang lebih romantis dan heroik. Juga populer di era ini adalah jenis BlueGrass, Western Swing (yang dipengaruhi jazz dan Blues), dan tentunya Yodel (bukan jenis musik tapi suara melengking ‘o le i ye’). Ajang paling bergengsi saat itu ada"

Favorite site: www.tribun-timur.com

No comments: